Pages

Rabu, 03 Desember 2014

Salut untuk PETUGAS KEBERSIHAN !


Pasar Sayur, di pagi yang cerah
Kota Kandangan, salah satu kota yang mulai padat penduduknya. Kepadatan penduduk pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan, kebersihan, dan kesehatan masyarakat itu sendiri.


Ini adalah sebagian dari kisah kotaku tercinta, kota kandangan. Dulu pada tahun 2007an, Saya pada waktu berangkat kuliah ke IAIN Antasari Banjarmasin menggunakan angkutan umum taksi antar kota. Seringkali saya mendengar ada omongan warga luar daerah (di dalam taksi) yang melewati kota kandangan mengatakan bahwa Kota Kandangan khususnya Pasar Kandangan merupakan salah satu pasar yang semraut dan banyak sampah. Mendengar hal itu, miris juga hati saya, karena memang pada waktu tertentu keadaan tersebut adalah kenyataan.

Namun sekarang, Kota Kandangan terus berbenah. Kebersihan lingkungan terus ditingkatkan, keindahan taman dan lingkungan terus di tata dan pembangunan infrastruktur pun kian maju, salah satunya adalah pembangunan pasar kandangan yang saat ini sudah bisa dilihat hasilnya. Dan saya pun semakin bangga dengan Kota Kandangan ini.
Namun, dibalik semua itu. Pernahkah ada yang memperhatikan atau menghargai para petugas kebersihan?
Saya lihat, masih banyak yang menganggap para petugas kebersihan atau yang lebih dikenal sebagai Pasukan Kuning ini sebagai –orang rendahan- atau hanya sekadar -orang suruhan-.
Buktinya, ketika saya menjelajahi pasar sayur (pasar subuh), masih banyak para pedagang sayur dan yang lainnya membuang sampah secara sembarangan, baik di jalan maupun diselokan. Padahal, sudah disediakan tempat sampah yang relatif cukup untuk menampung sementara sampah yang ada. 
Pernah saya bertanya kepada salah satu pedagang sayur, “Bu, kenapa sampahnya tidak dibuang ke tempat sampah yang ada, kan tidak jauh?”. Ibu si tukang sayur menjawab enteng, “nanti petugas kebersihan yang akan membersihkan sampah ini, jadi kenapa susah-susah...” Astaga ! Pikirku. Segampang itukah mereka berpikir tentang kebersihan. Seakan tidak ada ada sama sekali pada mereka rasa simpati dan empati kepada petugas kebersihan. Apakah mereka pikir kebersihan itu hanya tanggung jawab petugas kebersihan saja? Tentu tidak bukan? Kita semua harus bersama-sama menjaga kebersihan, paling tidak kebersihan lingkungan kita sendiri.

Karena, MENJAGA KEBERSIHAN KOTA adalah BUKTI CINTA KITA kepada Kota Kandangan ini. Dan kebersihan itu pangkal segala kebaikan, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain.

Padahal sering saya lihat, bahwa petugas kebersihan itu cuma ada beberapa orang, dan itu dibagi dengan luasnya wilayah kota kandangan. Dan saya sering lihat pula, bahwa setiap ada kegiatan seremonial yang dipusatkan di kota kandangan, maka banyak warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun, mereka MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN ! Padahal, tempat sampah sudah disediakan.
Beranjak dari hal itu, saya sangat salut dengan para petugas kebersihan. Walaupun saya pikir gaji mereka tidak terlalu besar, bahkan barangkali hanya cukup untuk keperluan mereka sehari-hari saja. 

Namun, rasa tanggung jawab mereka dalam membersihkan sampah sangat besar. Karena yang namanya sampah itu,tidak ada yang tidak kotor dan bau!

Dan walaupun semua orang sudah tahu, bahwa kebersihan itu adalah pangkal kesehatan. 
Namun, masih banyak yang melakukan kebiasaan buruknya membuang sampah sembarangan, 
baik anak-anak bahkan orang dewasa.

Saat ini sudah mulai musim hujan, dan biasanya air akan cepat sekali memenuhi got-got atau selokan-selokan yang ada di kota Kandangan ini. Jadi, apabila setiap orang tidak mau sedikit saja berkorban untuk menjaga kebersihan dilingkungannya, maka tidak mustahil, banjir akan kembali melanda kota kita tercinta ini. Selain itu, dengan terjaganya kebersihan lingkungan maka keindahan kota ini akan tetap terjaga, dan kesehatan warga itu sendiri menjadi terpelihara.
Jadi, harapan saya adalah agar pihak-pihak terkait selalu memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan para petugas kebersihan kota kandangan ini. Karena tanpa adanya mereka, maka tak akan indah dipandang kota Kandangan yang tercinta ini. 

Dan yang perlu direnungkan, tidak banyak orang yang mau menjadi Petugas kebersihan. 
Jadi, hargailah jerih payah para petugas kebersihan ini. Sebab, kalau bukan karena mereka, siapa lagi yang mau membersihkan sampah di kota ini.
SALUT UNTUK PARA PETUGAS KEBERSIHAN!

0 komentar:

Social Icons